iklan

iklan

Rabu, 01 Februari 2012

Bekerja di Dunia Maya?

Mengukur Efektivitas Social Media dalam Bisnis Online

Banyak sekali manusia telah beralih dari dunia nyata kedunia fana/maya untuk merubah kantong menjadi tebal bahkan kehidupannya berubah total menjadi yang lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan segala kebutuhan dan keinginan yang ingin di dapat dengan cara cepat tanpa bekaerja keras atau meyita waktudalam perjalanan hidup
.
Media sosial telah menjadi bagian penting dari aktivitas kehumasan dan pencitraan. Begitu pentingnya hingga perusahaan menempatkan staf atau bahkan unit khusus untuk menangani media sosial.

Dalam media sosial ada banyak sekali ukuran yang bisa menjadi tolok ukur keberhasilan kita. Masalahnya seringkali kita terjebak dalam pengukuran-pengukuran yang tidak tepat. Akibatnya kita jadi terlibat dalam kompetisi yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh bagi bisnis perusahaan. Sementara kita sibuk dalam kompetisi tersebut, ukuran-ukuran yang sebenarnya penting menjadi terabaikan.

Karenanya kita perlu tahu apa saja yang penting dan pengukuran apa yang tidak terlalu penting. Dengan begitu kita bisa menyusun siasat dan memusatkan energi pada hal-hal penting tersebut.

Ukuran yang Kurang Penting

 #   Traffic

Anda mungkin kaget mengapa traffic menjadi hal yang kurang penting. Hal ini karena tidak semua ukuran traffic sama, dan traffic tidak serta merta mencerminkan revenue. Berarti kita tidak butuh traffic? Tentu kita membutuhkan traffic. Namun kualitas tetap lebih penting ketimbang kuantitas. Anda tidak memerlukan 100.000 pengunjung, cukup sekelompok orang yang benar-benar peduli.

#    Tweets, Likes, Fans, dan Follower

Marcus Sheridan – konsultan marketing online – menulis sesuatu yang menarik tentang hal ini di blognya. Menurutnya, posting yang dibuat dan menghasilkan banyak uang tidak selalu posting yang populer. Hanya karena sebuah posting populer di media sosial, tidak serta merta bernilai bagi pelanggan maupun bisnis Anda. Jadi, hati-hati terjebak dalam hal ini.

 #   Komentar

Orang-orang yang memberikan komentar di blog atau situs perusahaan Anda bukanlah cerminan akurat pembaca Anda. Orang-orang yang senang memberikan komentar di blog biasanya adalah para blogger. Terdapat mayoritas pembaca yang tidak memberikan komentar tetapi membaca apapun yang Anda tulis. Tentunya akan sangat menyenangkan bila mendapatkan komentar pada posting Anda, apalagi kalau komentarnya positif. Namun hal tersebut tidak sepenting yang Anda kira.

Ukuran yang Penting

#    Email Subscriber

Orang-orang sukses manapun akan mengatakan kalau daftar surel adalah yang mendatangkan uang. Email subscriber adalah mayoritas pembaca yang jarang memberikan komentar atas posting-posting Anda. Orang-orang inilah yang perlu Anda perhatikan. Begitu Anda mulai memberi perhatian khusus serta menjalin komunikasi yang intens dengan mereka, biasanya traffic akan meningkat dengan sendirinya.

  #  Open Rates

Memiliki daftar pelanggan email yang banyak tentu akan menyenangkan. Tapi apa artinya kalau tidak satu pun dari mereka membuka email yang Anda kirimkan. Daftar yang hanya berisi 50 orang tetapi berkomunikasi dengan Anda dengan baik akan lebih baik ketimbang daftar berisi 5.000 orang namun mengabaikan Anda.

Beranikan diri melakukan pembersihan daftar tersebut. Jangan takut untuk melepaskan subscriber Anda bila memang mereka tidak merespon email yang Anda kirim. Lepaskan mereka dan fokuslah kepada mereka yang peduli.

#    Revenue

Jika Anda menggunakan media sosial untuk menghasilkan uang, maka inilah satu-satunya ukuran yang penting. Apakah Anda benar-benar menghitung pendapatan yang dihasilkan? Berapapun yang Anda peroleh, masukan hal itu dalam pengukuran Anda.

Kita akan mengalami kesulitan menghasilkan pendapatan dari media sosial bila Anda mengukur dengan ukuran yang salah. Karenanya, pelajari ukuran yang ada dan perhatikan manakah yang benar-benar penting bagi bisnis Anda. Jangan mudah terjebak dalam belantara media sosial.

0 komentar:

Posting Komentar